Sat. Sep 26th, 2020

FIFABR

Artikel Kesehatan Olahraga

Tinjau Simulasi Kesiapan Mal di Jakarta Jelang Dibuka Pada 15 Juni, Anies Baswedan: Udah Kangen Ya ?

2 min read

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau Emporium Pluit Mall, Jakarta Utara, Kamis (11/6/2020) petang. Kedatangan Anies guna melihat simulasi kesiapan pusat perbelanjaan yang dijadwalkan buka pada 15 Juni 2020. "Pemprov DKI sudah menetapkan bahwa pada tanggal 15 Juni pusat perbelanjaan bisa mulai beroperasi," ucap Anies Baswedan disambut tepuk tangan pengelola mal yang hadir di lokasi.

"Udah lama nunggu ya? udah kangen?" celetuknya. Mengawali kedatangannya di Mal Emporium Pluit, Anies Baswedan lebih dulu memantau parkiran sepeda di bagian depan mal. Selanjutnya ia menyaksikan simulasi protokol kesehatan di pintu masuk mal.

Sebelum masuk pengunjung akan dicek suhu tubuhnya. Kemudian pengunjung menyanitasi tangan dengan cairan hand sanitizer secara touchless alias tanpa disentuh. Garis garis merah pada lantai mal juga tersedia sebagai panduan bagi pengunjung ketika mengantre.

Mal juga melakukan penghitungan terhadap jumlah pengunjung yang masuk. Setiap pegawai mall mulai dari pintu masuk hingga dalam area mall juga dibekali dengan masker dan pelindung wajah (face shield). Usia berkeliling, Anies Baswedan menyampaikan beberapa poin dari hasil pengamatan simulasi hari ini.

Antara lain menekankan kapasitas pengunjung hanya 50 persen dari jumlah normal. Salah satu metode yang bisa dilakukan yaitu menghitung jumlah pengunjung yang masuk. Disiplin menjaga jarak aman, mencuci tangan di setiap kesempatan, serta kewajiban menggunakan masker.

"Ini harus dipegang teguh oleh semua. Tadi saya saksikan ada simulasinya cara menghitung pengunjung ketika masuk mall, kemudian saat pengunjung masuk cafe, toko," ucap dia. Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu juga menyoroti penerapan protokol jarak aman di eskalator,lift , hingga antrean di kamar kecil. Seluruhnya diberikan penanda mana yang boleh diinjak dan mana yang tidak.

"Jadi ini dijadikan patokan termasuk eskalatornya tadi ada penandanya, mana boleh diinjak, mana eskalator yang harus diberi jeda. Begitu juga di lift. Begitu juga antrean menuju kamar kecil, menuju musala, semuanya diatur," kata Anies. Diketahui pada 15 Juni nanti atau awal pekan depan, setidaknya ada 80 mal atau pusat perbelanjaan di bawah naungan APPBI DKI Jakarta yang akan dibuka kembali operasionalnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.