Mon. Sep 28th, 2020

FIFABR

Artikel Kesehatan Olahraga

Ratu Elizabeth Beri Kado Ulang Tahunnya ke-100 Veteran Perang Dunia II Galang Dana Corona Rp 583 M

2 min read

Veteran Perang Dunia II, Tom Moore berhasil mengumpulkan dana hingga Rp 583 miliar untuk membantu menangani pandemi virus corona. Kado dari Ratu Elizabeth II untuk Moore berupa kenaikan pangkat menjadi Kolonel Kehormatan, pada Kamis (30/4/2020). Panglima tentara Inggris, Jenderal Sir Mark Carleton Smith awalnya bertemu dengan Ratu Elizabeth II untuk membahas penghargaan heroik untuk Moore.

Sang panglima berharap kebaikan hati Moore bisa menginspirasi generasi tentara lainnya. "Kebijaksanaannya yang mengagumkan, sikapnya yang tanpa basa basi dan penuh canda meski dalam kesulitan menjadi panutan yang menginspirasi seluruh generasi," ungapnya. Sebelum pensiun, Moore menjabat sebagai kapten angkatan darat.

Ia bertugas di Burma dan India selama Perang Dunia II. Komandan Resimen Yorkshire mengantar surat kenaikan pangkat itu ke rumah Moore di pedesaan Marston Moretaine. Moore kini tengah menjalani karantina mandiri bersama keluarganya.

Moore dengan kerendahan hatinya sempat berkata tetap bersyukur atas kenaikan pangkat itu meski ia tidak mengharapkannya. "Aku masih Kapten Tom, itulah diriku yang sebenarnya, tapi orang orang memilih memanggilku kolonel, ya sudah, terima kasih banyak," ujar Moore. Diketahui, Moore mengadakan galang dana dengan bantuan media sosial dan dengan gerakan berjalan kaki mengitari pekarangan rumahnya dengan alat bantu jalan.

Moore berjalan mengelilingi pekarangan belakang rumah hingga 100 kali. Dikutip dari BBC, Moore awalnya menargetkan gerakannya itu bisa menarik simpati orang orang paling tidak terkumpul hingga 1.000 poundsterling atau Rp 18 juta. Namun tak disangka hampir 800 ribu orang tertarik dengan tantangan berjalan 100 putaran yang dijalani Moore dan menyumbangkan sejumlah uang.

Akhirnya kakek 100 tahun itu bisa menggalang dana sebanyak 31 juta poundsterling atau sekitar Rp 583 miliar. Dana itu ia salurkan kepada National Health Service atau layanan kesehatan nasional di Inggris. Selain mendapat kenaikan pangkat, foto Moore juga dipajang di baliho raksasa di tengah perkotaan Inggris.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.