Tue. Dec 1st, 2020

FIFABR

Artikel Kesehatan Olahraga

Produk Damuvit dari Pyfa Health

3 min read
Damuvit

Pyfa health atau PT. Pyridam farma Tbk merupakan sebuah anak usaha yang bergerak dalam bidang riset dan pengembangan. Ada berbagai macam produk kesehatan yang sudah diluncurkan oleh PYFA salah satunya yaitu Damuvit.

Beberapa Kandungan Vitamin B dari Damuvit

Damuvit merupakan multivitamin dengan bentuk kaplet yang bermanfaat untuk mengatasi kekurangan vitamin B pada tubuh serta menjaga daya tahan tubuh. Lantas apa saja pilihannya?

  1. Thiamin (Vitamin B1)

Vitamin B sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi per hari dengan dosis antara 1 sampai 1,4 mg. Apabila seseorang kekurangan vitamin B1 akan berdampak pada kesehatan yang menyebabkan terjangkitnya penyakit beri – beri serta wernicke.

Beri-beri merupakan penyakit dengan gejala detak jantung meningkat, muntah-muntah, kaki bengkak, sesak nafas hingga gerakan mata tidak normal. Sedangkan Wernicke berpengaruh pada sistem saraf menyebabkan gangguan koordinasi pada otot, penurunan fungsi mental serta penglihatan berbayang.

  1. Riboflavin (Vitamin B2)

Vitamin B2 memiliki fungsi untuk membantu pengolahan suatu energi yang dihasilkan dari makanan dengan kandungan lemak, karbohidrat dan protein. Vitamin B2 sangat berperan penting dalam pertumbuhan serta produksi pada sel darah merah.

Sangat disarankan untuk mengkonsumsi Vitamin B2 1 hingga 1,5 mg per harinya. Dampak yang akan dirasakan ketika tubuh kekurangan vitamin B2 adalah meningkatnya risiko preeklamsia serta menghambat pertumbuhan bayi karena kurangnya protein dan zat besi.

  1. Niacin (Vitamin B3)

Agar tubuh terhindar dari gangguan pencernaan, sariawan, mudah lelah, muntah-muntah, hingga depresi, sangat direkomendasikan untuk mengkonsumsi Vitamin B3 sebanyak 10 hingga 15 mg per harinya.

Lebih parahnya lagi, dampak yang akan ditimbulkan apabila kekurangan vitamin B3 ialah dapat menyebabkan penyakit pelagra dengan gejala sakit kepala, diare, mulut bengkak, sulit berkonsentrasi, tubuh mudah lelah, depresi serta lidah memerah.

  1. Pantothenic acid (Vitamin B5)

Dampak yang diakibatkan dari kurangnya Vitamin B5 pada tubuh ialah denyut jantung meningkat, sakit pada bagian kepala, mudah emosi, gampang merasa lelah, terasa perih di kaki dan lengan, rasa mual, kerontokan rambut hingga gangguan pencernaan.

Mengkonsumsi Vitamin B5 sangat bagus untuk kesehatan tubuh dengan dosis 5 mg dalam sehari. Namun untuk kasus kekurangan vitamin B5 bisa terbilang cukup langka, hal itu dikarenakan Vitamin B5 dapat ditemukan hampir di semua jenis sayur-sayuran.

  1. Pyridoxine (Vitamin B6)

Apabila tubuh kekurangan vitamin B6 maka Akibat yang akan ditimbulkan serta berdampak untuk kesehatan ialah gangguan pada kulit seperti pecah-pecah atau ruam disekitar mulut serta akan mengakibatkan anemia.

Vitamin B6 sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi per harinya dengan dosis antara 1,3 hingga 1,5 mg. Selain itu kekurangan vitamin B6 juga dapat menimbulkan risiko gangguan pada otak seperti kebingungan, otot berkedut, mual, depresi, kejang, luka di bibir dan nyeri di bagian tangan serta kaki.

  1. Biotin (Vitamin B7)

Vitamin B7 ialah sebuah nutrisi yang memiliki peran untuk mengubah karbohidrat serta lemak menjadi energi. Selain itu juga biotin merupakan nutrisi dengan manfaat guna menjaga pertumbuhan rambut, kesehatan mata, mengatur metabolisme, serta menjaga kestabilan kadar gula darah.

Dampak yang akan ditimbulkan apabila tubuh kekurangan Vitamin B7 ialah kerontokan pada rambut, ruam bersisik pada area mulut dan mata, kulit kering, gampang merasa lelah, mudah depresi serta emosional.

  1. Folat (Vitamin B9) dan Vitamin B12

Apabila tubuh kekurangan folat atau Vitamin B9 maka dampak yang akan ditimbulkan adalah anemia megaloblastik atau jumlah sel darah mengalami penurunan. Sangat disarankan untuk mengkonsumsi vitamin jenis ini sebanyak 400-600 mg perhari.

Sedangkan kekurangan Vitamin B12 dapat menyebabkan terjangkit penyakit jaundice atau penyakit kuning, anemia, gangguan penglihatan, hilangnya nafsu makan, tidak teraturnya detak jantung, sesak nafas hingga gangguan pencernaan.

Itulah tadi pembahasan mengenai Damuvit yang merupakan suplemen dengan kandungan vitamin B kompleks serta vitamin C hingga penjelasan tentang dampak-dampak yang diakibatkan apabila tubuh kekurangan Vitamin B.

 

 

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.