Sat. May 15th, 2021

FIFABR

Artikel Kesehatan Olahraga

Nikmatnya, Ini Dia Kelebihan Membuat Kopi Dengan Air Mineral

3 min read
mencegah gigi berlubang

Zaman sekarang kopi telah menjadi bagian yang tidak dapat dilepaskan dari kehidupan sehari-hari. Selain dapat membangkitkan semangat di pagi hari, minum kopi juga kerap menjadi perekat kebersamaan dan teman dalam mengisi waktu bersantai.

 

Minuman satu ini bisa disajikan hangat maupun dingin. Umumnya sebagian besar orang minum kopi untuk menghilangkan rasa kantuk. Faktanya minum kopi ternyata memiliki dampak baik pada kesehatan otak Anda. Ada beberapa bahan aktif pada kopi yang dapat menyehatkan, antara lain: [1].

  • Zat psikoakif yang dapat menstimulasi sistem saraf pusat.
  • Asam klorogenik (CGA). Antioksidan polifenol yang berperan dalam metabolisme gula darah dan mengatur tekanan darah tinggi.
  • Cafestol dan kahweol. Minyak alami kopi yang baik untuk hati dan melindungi sel-sel tubuh tetap sehat.
  • Senyawa alkaloid yang berperan dalam pengolahan asam nikotinat (vitamin B3), mencegah gigi berlubang, dan menghambat pertumbuhan bakteri.

 

Sejumlah studi menunjukkan bahwa orang yang rutin minum kopi 2-3 cangkir kopi sehari memiliki risiko lebih rendah mengalami penyakit serius, seperti diabetes tipe 2, kanker, penyakit jantung, penyakit Parkinson dan gangguan hati [2].

Dalam pembuatannya, ragam biji kopi seringkali dijadikan acuan kualitas dan rasa pada minuman tersebut. Ternyata di balik itu semua ada hal lain yang tidak kalah pentingnya.

Satu cangkir kopi umumnya terdiri dari 95 persen air dan 5 persen kopi. Artinya, air yang digunakan untuk menyeduh kopi memiliki peran penting juga dalam membentuk karakter rasa [3].

Hal ini didukung oleh pengalaman Muhammad Aga, award winning Barista yang mengatakan bahwa kandungan air mineral saat menyeduh kopi mampu membuat rasanya lebih nikmat [4]. Maka dari itu, penting untuk menggunakan air dengan kandungan mineral yang dapat mengikat dan mengekstraksi kopi dengan baik.

Specialty Coffee Association of America (SCAA) menyarankan menggunakan air yang mengandung 50-150 part per million (ppm) mineral. Jika angkanya terlalu tinggi, maka akan membuat kopi dengan rasa yang terlalu tebal; sementara angka yang terlewat rendah membuat kopi terasa encer [4].

Untuk mendapatkan air berkualitas baik sesuai standar SCAA, kebanyakan kedai kopi akan menggunakan air mineral dalam kemasan. Air mineral memiliki kandungan yang berpengaruh terhadap hasil seduhan kopi yaitu magnesium dan kalsium. Kandungan Ion magnesium yang tinggi akan dapat mempercepat proses ekstraksi kopi ke dalam air dan meningkatkan  cita rasa seduhan kopi [5].

Untuk itu AQUA menawarkan solusi untuk secangkir kopi yang autentik. “Selain dibutuhkan oleh tubuh, ternyata mineral yang ada di dalam air dapat meningkatkan cita rasa kopi yang kita minum. Air mineral AQUA berada tepat di rentang pembuatan kopi yang ideal berdasarkan SCAA, juga dapat membantu menjaga kualitas mesin kopi agar lebih tahan lama,” ujar Dion Sugianto Product Development Manager dari Research & Innovation AQUA [4].

Jangan ragu lagi pilih lah AQUA yang mampu memproduksi air mineral berkualitas karena mineral di dalamnya berasal dari proses alamiah. Kandungan mineral pun tidak akan berkurang ataupun hilang karena AQUA langsung mengambil air dari sumbernya. Dari atas pegunungan, air mengalami penyaringan dari pasir dan batuan vulkanis secara alami.

Proses dan teknologi tinggi dalam pengemasan memungkinkan segala kebaikan air mineral berkualitas tetap terjaga hingga ke tangan konsumen. AQUA juga melakukan sekitar 400 cek kualitas untuk memastikan mutu air tetap baik [6].

Source:

  1. https://hellosehat.com/saraf/manfaat-minum-kopi-untuk-otak/
  2. https://www.alodokter.com/potensi-manfaat-kopi-terkandung-di-tiap-kenikmatan-seruputnya
  3. https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20201229200256-262-587585/peran-air-mineral-jadi-rahasia-seduh-kopi-yang-lebih-nikmat
  4. https://kumparan.com/kumparanfood/pemilihan-air-mineral-yang-tepat-bikin-kopi-lebih-nikmat-ini-kata-ahlinya-1uqFRhDAPGl
  5. https://www.kompasiana.com/yerianto/5fc3a7598ede48617d42bc22/jangan-salah-memilih-jenis-air-untuk-kopi?page=all
  6. https://www.sehataqua.co.id/minum-air-mineral-berkualitas-dari-aqua-untuk-jaga-kesehatan/

 

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.