Fri. Oct 22nd, 2021

FIFABR

Artikel Kesehatan Olahraga

Mengenal Tentang Ban Alat Berat Beserta Fungsinya

2 min read

Selama ini Anda mungkin menganggap bahwa ban hanyalah kompone pelengkap kendaraan. Padahal asal Anda tahu, tiap-tiap kendaraan memiliki jenis bannya masing-masing. Penggunaan jenis ban harus disesuaikan dengan fungsi kendaraan. Seperti contohnya ban alat berat yang tentunya sangat berbeda. Perbedaan tersebut bisa dilihat dari ketebalan ban, ukuran, corak permukaan, dan lain-lain.

Ada banyak macam dan jenis alat berat. Jenis ban yang digunakan haruslas sesuai dengan alat berat. Alat berat umumnya difungsikan sebagai alat pengangkut atau memindahkan material tertentu. Dengan beban dan permukaan lintasan yang tidak sama, maka jenis ban pun juga harus berbeda.

  1. Pola Kembang Industrial LUG

Untuk jenis ban yang satu ini sangatlah multifungsi. Jenis ban ini bisa dipakai di mana saja, baik itu di atas permukaan yang keras maupun permukaan yang lunak. Untuk alat-alat berat yang memaksi ban jenis ini juga tidak masalah jika ingin dipakai di jalanan umum.

2. Skid Steer Tread

Untuk ban jenis ini biasanya dipakai pada alat berat yang sering difungsikan untuk pekerjaan berat. Ban ini mempunyai lapisan benang yang tebal serta dilengkapi dengan pelindung  velg.

Apakah Fungsi dari Ban dengan Jenis Pola Kembang LUG?

  1. Pola Kembang LUG

Ban yang bagus dalam melakukan traksi adalah ban dengan pola PUG. Karena itulah jenis ban seperti ini sangatlah cocok dipakai dalam penggunaan traksi. Namun yang penting untuk diperhatikan, tidak semua jenis ban ini cocok untuk segala permukaan.

Seperti misalnya ban dengan pola kembang LUG tidaklah cocok untuk dipakai di permukaan sensitif seperti misalnya jalanan berumput serta jalanan beton. Jika itu dilakukan, maka ban akan lebih cepat menipis.

2. Pola Turf

Ban dengan pola turf mempunyai banyak tapak di bagian permukaannya, sehingga hal tersebut dapat mengurangi tekanan pada permukaan. Ban dengan jenis ini sesuai jika dipakai di jalanan dengan permukaan sensitif, seperti jalanan berumput. Menggunakan ban jenis ini di permukaan berumput dapat mengurangi kerusakan pada rumput itu sendiri, karena memang bagian sisi ban cukup halus sehingga beban merata.

 

 

 

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.