Mon. Jul 4th, 2022

FIFABR

Artikel Kesehatan Olahraga

Memahami Manfaat Asuransi Rawat Jalan

3 min read

Asuransi kesehatan adalah produk keuangan berupa perlindungan atau perlindungan kesehatan, bagi pemegang polis atau peserta asuransi. Asuransi kesehatan akan memberikan perlindungan tidak hanya dari segi kesehatan, tetapi juga terkait secara finansial dengan resiko kesehatan Anda.

Sebelum membeli produk asuransi kesehatan, Anda harus cermat dalam memilih jenisnya. Sebab, setiap jenis asuransi kesehatan mempunyai premi hingga manfaat perlindungan yang berbeda-beda. Semakin besar manfaat fasilitas yang Anda dapatkan, semakin besar pula premi yang harus Anda bayarkan.

Selain rawat inap, terdapat asuransi rawat jalan yang menurut Otoritas Jasa Keuangan merupakan asuransi yang dapat digunakan sebagai pengganti biaya pengobatan akibat penyakit yang tidak memerlukan rawat inap atau rawat inap, sehingga hanya rawat jalan dan rawat inap. pengobatan rawat jalan tersedia. Layanan asuransi rawat jalan umumnya berasal dari tambahan manfaat asuransi rawat inap yang sudah Anda miliki.

Apa Manfaat Asuransi Rawat Jalan?

Berikut beberapa hal yang harus Anda ketahui tentang manfaat dan hal lain tentang asuransi rawat jalan.

  1. Waktu pendaftaran yang baik

Waktu terbaik untuk mendaftar asuransi rawat jalan adalah saat Anda sehat. Sebaiknya jangan mengajukan asuransi rawat jalan saat Anda atau keluarga terdaftar Anda sedang mengalami sakit atau kondisi kesehatannya menurun.

Pasalnya, perusahaan asuransi akan membebankan premi yang lebih tinggi kepada klien yang mendaftar saat sakit. Atau bisa juga menolak bekerja sama karena berpotensi merugikan perusahaan asuransi, oleh karena itu sebaiknya mendaftar saat dalam keadaan sehat.

  1. Sesuaikan manfaat

 

Perusahaan asuransi biasanya memiliki banyak fitur unggulan bagi pelanggannya. Banyaknya fitur tersebut tentunya akan bersaing dengan perusahaan lain dalam hal penawaran layanan yang menggiurkan dan paling cocok bagi pelanggan.

Untuk itu, sebaiknya pilih asuransi rawat jalan, sebelum membandingkan beberapa asuransi yang ditawarkan. Perhatikan manfaat yang paling cocok untuk Anda dan keluarga dan tentunya sesuai dengan kemampuan finansial Anda.

Mulai dari apakah asuransi akan mengcover anggota keluarga atau tidak, apakah murni asuransi, atau ada fitur investasi seperti reksa dana.

  1. Perhatikan persyaratan rawat inap

Anda perlu melihat bagaimana syarat rawat inap di institusi kesehatan saat kita sakit nanti. Meski berada di urutan keempat dalam artikel ini, poin ini cukup penting, karena berguna untuk memastikan penanganan apa yang akan ditanggung oleh asuransi.

Selain itu juga akan terlihat mana yang akan menjadi tanggung jawab kita sendiri. Jadi tidak semua jenis layanan akan ditanggung oleh asuransi, jadi pastikan Anda mendapatkan penjelasan yang lebih detail dari agen asuransi.

  1. Memiliki mitra rumah sakit yang luas

Asuransi rawat jalan tentunya memiliki banyak mitra rumah sakit. Untuk memudahkan Anda dalam melakukan klaim dan rawat jalan, sebaiknya pilih asuransi yang memiliki banyak mitra rumah sakit dan mudah diakses.

  1. Menerapkan sistem cashless

Pilih asuransi rawat jalan yang menerapkan sistem cashless, sehingga Anda tidak perlu menanggung biaya perawatan kesehatan mereka di rumah sakit terlebih dahulu. Sistem reimbursement menerapkan metode penggantian biaya yang dikeluarkan oleh klien setelah menerima perawatan di rumah sakit.

Sistem reimbursement mengharuskan klien untuk membuat klaim tersendiri, dengan menunjukkan kwitansi pembayaran di rumah sakit.

 

  1. Ada klaim ganda

Sebelum membeli produk asuransi rawat jalan, pertimbangkan terlebih dahulu apakah asuransi yang akan Anda pilih dapat melayani klaim ganda. Jangan sampai Anda rutin membayar premi setiap bulan, namun selalu ditolak saat ingin mengklaim hanya karena biayanya sudah ditanggung oleh asuransi pemerintah/pihak lain.

 

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.