Mon. Sep 26th, 2022

FIFABR

Artikel Kesehatan Olahraga

Lagi Cari Motor Bekas? Coba Lelang Online di IBID

2 min read

Salah satu kendaraan yang paling banyak dipakai di jalan dan paling diminati sekarang adalah sepeda motor. Dengan bentuk yang ramping maka cocok sekali digunakan pada kota-kota besar yang identik dengan kepadatan mobil. Ditambah perawatannya juga cukup terjangkau dan tempat service bisa ditemukan di mana saja. Untuk harga jual produk baru juga masih bisa dijangkau sebagian besar masyarakat. Selain produk baru, ada juga cara lain yaitu membeli motor bekas bisa jadi pilihan jika memang dana yang dimiliki terbatas. Setiap orang bisa beli motor bekas dari teman atau dealer yang khusus jual motor bekas. Tentunya dalam membeli produk second, harus benar-benar teliti dan bisa memastikan semua kondisi kendaraan baik dan prima, jadi sebaiknya ikuti beberapa tips aman berikut ini.

lelang motor

 

 

Cek nominal harga

 

Dengan banyaknya merk dan tipe motor saat ini tentunya ketika membeli motor bekas harus mengecek nominal harga yang sesuai dengan pasaran. Biasanya harga motor second dipengaruhi oleh tahun produksi hingga perawatan yang dilakukan pemilik. Semakin muda umur kendaraan maka akan semakin mahal, begitu juga sebaliknya.

 

Jangan lupa cek nomor rangka dan mesin

 

Pembeli harus lebih teliti lagi dalam proses pengecekan, jangan sampai melupakan mengecek nomor rangka sekaligus mesin. Ini penting sekali agar terhindar dari penipuan karena perbedaan nomor pada mesin dengan yang ada di surat kendaraan. Pastikan nomor rangka serta nomor mesin sama dengan yang ada di surat-surat. Jika berbeda, maka dipastikan ada indikasi kecurangan pada proses jual motor bekas.

 

Pastikan kondisi fisik baik

 

Salah satu bagian yang juga mesti diperhatikan yaitu kondisi fisik seluruh bagian motor. Hal ini penting karena jika terjadi sesuatu seperti goresan atau kerusakan bisa menurunkan harga jual. Pastikan semua suku cadang atau spare part pada motor original atau asli, karena jika ada salah satu spare part menggunakan spare part tidak asli maka harga jual bisa ditawar lagi.

 

Cek oli motor

 

Penggunaan oli motor jelas akan mempengaruhi kinerja atau performa dari sebuah kendaraan. Motor yang tidak secara berkala ganti oli, maka bisa dipastikan kinerjanya tidak sebagus yang rutin ganti oli mesin. Jadi perhatikan juga warnanya, jika warnanya hitam berarti harus segera diganti. Sedangkan jika berwarna coklat, itu artinya masih layak untuk digunakan.

 

Empat tips aman di atas jelas harus diperhatikan apalagi jika proses jual beli secara langsung. Padahal ada cara agar pembeli mendapatkan motor bekas dengan kualitas terbaik tanpa harus mengecek karena sudah dibantu cek oleh teknisi profesional, yaitu dengan mengikuti lelang motor online di IBID. Dengan ikut program titip lelang, semua motor dijamin sudah dicek dan calon pembeli akan mengetahui kondisi dalam bentuk Grade A sampai C, cari tahu tentang IBID sekarang juga.

 

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.