Fri. Oct 22nd, 2021

FIFABR

Artikel Kesehatan Olahraga

Keutamaan Puasa Senin Kamis dan Faedah yang Akan Diperoleh

2 min read

Keutamaan puasa Senin Kamis menjadi alasan bagi setiap kaum muslimin untuk menunaikan ibadah mulia tersebut. Rutinitas kebaikan dan penambah amal iniĀ  merupakan salah satu sunnah yang juga diterapkan dalam kehidupan Rasulullah, serta memiliki manfaat yang luar biasa.

Keutamaan Puasa Senin Kamis dan Faedah Kesehatan yang Akan Diperoleh

Diantara beberapa keutamaan melaksanakan puasa Senin Kamis, yakni pengampunan dari Allah karena pada hari tersebut diperiksanya amal perbuatan. Selain itu hari tersebut merupakan hari bersejarah bagi Rasulullah dimana beliau dilahirkan dan wahyu turun pertama kali pada hari tersebut.

Adapun manfaat atau faedah yang akan diperoleh dari puasa senin-kamis yakni sebagai berikut:

1. Menjadi Perisai Diri dari Godaan Setan dan Hawa Nafsu

Melaksanakan puasa sunnah secara rutin di luar puasa wajib merupakan salah satu langkah dalam melindungi diri sendiri. Perlindungan atau perisai yang diartikan yakni terbebas dari godaan setan dan hawa nafsu, sehingga seorang muslim lebih tunduk dan dapat mengendalikan diri.

Orang yang melaksanakan puasa sunnah tentu akan memahami hakikat diri tentang apa yang harus ditinggalkan, sehingga setan pun akan terbatas ruangnya untuk menggoda manusia. Dengan demikian maka amal buruk pun dapat dicegah.

2. Melatih Disiplin dan Menambah Amal Sholih

Rutinitas puasa Senin Kamis akan melatih diri dan kepribadian seseorang agar lebih disiplin. Bahkan manfaatnya dapat berdampak pada aktivitas lainnya. Hal ini dipengaruhi oleh ketundukan hati untuk cenderungĀ  melakukan kebaikan dan menghindari hal-hal yang tidak diridhoi Allah.

Selain itu, pahala yang luar biasa pun Allah siapkan untuk orang-orang yang melakukan puasa dengan ikhlas hanya mengharap balasan-Nya. Dengan keistiqomahan pun maka amal sholih akan bertambah sehingga dapat menjadi bekal di hari akhirat kelak.

3. Sebagai Bentuk Rasa Syukur dan Baik untuk Kesehatan

Sebagai seorang hamba yang beriman, sudah seharusnya senantiasa bersyukur atas pemberian Allah. Bentuk rasa syukur sendiri tidak hanya dalam wujud ucapan Hamdalah. Namun juga dapat dibuktikan dengan selalu menunaikan ibadah wajib dan berusaha melaksanakan ibadah sunnah.

Di samping itu puasa senin kamis akan memberikan manfaat kesehatan. Meski harus menahan lapar dari terbit fajar hingga terbenam matahari namun pada saat itu sistem pencernaan mendapat waktu untuk beristirahat sehingga dapat bekerja optimal setelahnya.

Demikian informasi tentang keutamaan puasa Senin Kamis yang sangat sayang untuk dilewatkan selama seorang muslim hidup di dunia. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat menambah semangat iman Anda.

 

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.