Mon. Sep 21st, 2020

FIFABR

Artikel Kesehatan Olahraga

Inilah Cara Mudah Cek NISN dan NPSN untuk Daftar SNMPTN 2020 di Portal ltmpt.ac.id

2 min read

Simak cara mudah mengecek NISN dan NPSN untuk mendaftar SNMPTN tahun 2020 di laman LTMPT. Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) menjadi dua syarat yang digunakan untuk mendaftarkan akun di portal ltmpt.ac.id. Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) sudah resmi membuka pendaftaran SNMPTN 2020, Senin (2/12/2019), pukul 15.00 WIB.

Pendaftaran SNPTN 2020 lewat portal resmi ltmpt.ac.id dibuka sampai 7 Januari 2020. Pendaftaran atau registrasi akun di potrel LTMPT untuk mendaftar SNMPTN 2020, hanya bisa dilakukan oleh siswa yang akan lulus pada tahun 2020. Setiap siswa dan sekolah diwajibkan untuk mempunyai akun di potral LTMPT.

Hal ini bertujuan agar bisa mengikuti seleksi jalur SNMPTN 2020. Langkah ini menjadi bagian dari kebijakan baru dalam proses seleksi SNMPTN 2020. Selain untuk pendaftaran SNMPTN, sistem Single Sign On (SSO) berlaku juga untuk pendaftaran UTBK dan SBMPTN.

Syarat siswa yang ingin melakukan pendaftaran akun di potral LTMPT yakni menuliskan NISN dan NPSN. Bagi siswa yang belum mengetahui NISN dan NPSN, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengecek nomor tersebut. 1. Buka laman nisn.data.kemendikbud.go.id

Membuka laman nisn.data.kemendikbud.go.id, akan muncul beberapa menu. Menu tersebut ada pada kotak menu di sisi kiri Mulai dari menu Beranda, Aturan & Kebijakan, NISN, Data Siswa, dll.

2. Klik 'Data Siswa' Klik Data siswa yang berada dalam kolom menu sebelah kiri. 3. Klik 'Pencarian Berdasarkan Nama'

Untuk mencari NISN, langkah yang paling mudah digunakan adalah klik pada 'Pencarian Berdasarkan Nama'. Ada tiga kolom yang harus kamu isi. Mulai dari kolom nama, tempat lahir, tanggal lahir, dan nama ibu.

4. NISN barulah muncul 1. Buka laman referensi.data.kemendikbud.go.id Untuk mengecek data NPSN, bisa cek di laman referensi.data.kemendikbud.go.id.

2. Klik 'Data Master Pendidikan' 3. Lanjut cari kategori satuan pendidikan NPSN Klik submenu 'Pendidikan Dasar & Menengah'.

4. Klik nama provinsi 5. Klik nama kabupaten 6. Klik nama kecamatan

7. Data NPSN yang kamu butuhkan akan tercantum pada tabel sesuai nama sekolah. 8. Klik nomor NPSN untuk mengecek detail sekolah. Simak cara membuat akun LTMPT untuk mendaftar perguruan tinggi lewat jalur SNMPTN, UTBK, dan SBMPTN 2020.

Setelah masuk di halaman login, akan muncul kolom email dan password. Akses lamanLTMPT: Bagi kamu yang belum mendaftar, silakan untuk melakukan registrasi akun LTMPT, 'Daftar di sini'.

Pada laman tersebut akan muncul dua pilihan, yakni sebagai 'Sekolah' atau ' Siswa'. Untuk mendaftar LTMPT: Jika kamu adalah siswa maka klik 'Daftar' di kolom Siswa.

Nantinya akan ada tiga kolom yang harus diisi. Yakni kolom NISN, NPSN, dan Tanggal Lahir. Namun, jika kamu adalah kepala sekolah atau operator sekolah yang memiliki NPSN dan kode registrasi Dapodik/ EMIS, klik 'Daftar' di kolom Sekolah.

Perlu diketahui jika data yang harus diisikan harus sesuai dan benar. Data yang diisikan harus tercatat di basis data Kemendikbud/ Kemenag.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.