Fri. Sep 25th, 2020

FIFABR

Artikel Kesehatan Olahraga

Fungsi Bulu Ketiak dan Perlukah Untuk Mencukurnya?

1 min read

Banyak orang yang merasa munculnya rambut di tubuh merupakan sebuah hal yang mengganggu. Oleh karena itu, banyak orang yang berusaha mengghilangkannya dengan cara mencukur, mencabut, atau juga menggunakan waxing.

Bagian rambut yang paling sering mengalami berbagai hal ini adalah pada ketiak. Banyak orang yang bertanya-tanya apa fungsi sebenarnya dari rambut ketiak ini?

Dilansir dari Good Housekeeping, walau banyak yang mengganggapnya tak berguna,rambut ketiak sebenarnya memiliki fungsi.

“Bulu ketiak mengurangi gesekan antara lengan bagian atas dan bawah selama olahraga atau gerakan keras yang terjadi, menutup bagian tubuh yang memiliki arteri penting, serta memfasilitasi pelepasan feromon seksual,” terang pakar kecantaikan Marta Camkiran.

Walau rambut ketiak memiliki manfaat, namun banyak yang tak menyadarinya. Banyak orang bahkan berusaha untuk mencukurnya hingga habis. Padahal, kebiasaan ini justru bisa berujung pada masalah.

“Ketika kamu bercukur, kamu bisa mengalami iritasi, follikulitis, ruam, peradangan, bahkan infeksi dari pencukur yang kotor,” terang dr. Mona Gohara.

“Sesungguhnya tidak ada alasan biologis untuk menghilangkan rambut ini,” sambungnya.

Mengapa Banyak Orang Berusaha Mencukur Rambut Ketiak?
Pada saat ini, banyak tekanan untuk mencukur rambut ketiak ini. Hal ini terutama dialami oleh wanita. Membiarkan rambut ketiak tetap tumbuh merupakan hal yang jarang dilakukan oleh wanita. Sebaliknya, ketiak yang mulus merupakan sebuah kebiasaan yang dianggap wajar.

“Terdapat pemahaman yang keliru bahwa bebas dari rambut setara dengan kebersihan, namun hal ini tidak benar selama ketiak tetap bersih,” terang Gohara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.