Tue. Sep 29th, 2020

FIFABR

Artikel Kesehatan Olahraga

Dua Klub Ini Selamat dari Degradasi Liga 1 Tiga Musim Beruntun

2 min read

Dua tim selamat dari jeratan degradasi dari kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia, Liga 1, selama tiga musim beruntun. Nasib mujur kembali dialami oleh dua kontestan Liga 1 pada musim 2019, dan Lamongan. Bagaimana tidak, keduanya sudah tiga kali nyaris terlempar dari kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia.

Namun faktanya, dan masih akan berkompetisi di Liga 1 musim depan. Pada edisi 2017, menduduki posisi 14 klasemen dengan koleksi 40 poin. Sedangkan hanya berbeda dua strip di posisi 12 klasemen dengan 42 poin.

Dua tim ini berjarak tak lebih dari tujuh angka dengan zona degradasi Liga 1 2017. Semen Padang yang menduduki posisi 16 klasemen dengan 35 poin harus rela terdegradasi bersama dua tim dibawahnya, Persiba Balikpapan dan Persegres Gresik United. Musim berikutnya, keberuntungan menimpa Tira Persikabo.

Tim yang kala itu masih bernama PS Tira harus bertarung hingga laga terakhir Liga 1 2018 dalam penentuan degradasi. Untungnya, PS Tira mampu meraih dua kemenangan beruntun dan kembali selamat dari jeratan degradasi. PS Tira yang menempati posisi 15 klasemen hanya terpaut tiga angka dengan zona degradasi.

Musim 2018 tiga tim harus turun kasta yaitu Mitra Kukar (39 poin), Sriwijaya FC (39 poin), dan PSMS Medan (37 poin). Musim ini, Tira Persikabo sejatinya sempat berada di papan atas klasemen pada putaran pertama. Namun, performa mereka menurun pada putaran kedua lantaran tak pernah menang dalam 16 laga secara beruntun

Tim berjulukan Laskar Padjadjaran itu harus puas mengakhiri musim di posisi 15 klasemen dengan 42 poin. Berbeda dengan Tira Persikabo, Persela sempat merasakan panasnya persaingan zona degradasi pada pertengahan musim. Bahkan, tim berjulukan Laskar Joko Tingkir itu sempat menjadi juru kunci klasemen Liga 1 2019.

Hingga akhirnya mereka bangkit setelah melakukan pergantian pelatih. Persela yang ditangani oleh Nilmaizar mampu mengakhiri kompetisi Liga 1 2019 di peringkat ke 11 klasemen dengan 44 poin. Kal ini, jarak kedua tim tersebut cukup jauh dengan kontestan yang terdegradasi.

Tiga tim yang turun kasta ke Liga 2 musim 2020 ialah Perseru Badak Lampung G (33 poin), Semen Padang (32 poin), dan Kalteng Putra (31 poin). Patut dinanti perjuangan Persela dan Tira Persikabo untuk kembali bertahan di Liga 1 musim depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.