Sat. Dec 3rd, 2022

FIFABR

Artikel Kesehatan Olahraga

Contoh Teknologi Ramah Lingkungan

2 min read

Setiap kemunculan satu berita teknologi baru, biasanya akan berpengaruh pada lingkungan baik secara langsung ataupun tidak langsung.

Seperti misalnya kehadiran teknologi internet yang mendorong penggunaan komputer, laptop dan smartphone yang lebih banyak. Secara tidak langsung itu akan menambah penggunaan energi listrik secara global dan menghasilkan polusi dari bahan bakar yang digunakan.

Namun, terlepas dari itu sekarang ini mulai banyak inovator-inovator yang menciptakan teknologi yang ramah lingkungan. Apa saja teknologi ramah lingkungan? Berikut diantaranya.

Teknologi Ramah Lingkungan

  1. Kendaraan Listrik

Kendaraan listrik, baik itu dalam bentuk motor listrik ataupun mobil listrik dianggap lebih ramah lingkungan karena tidak memiliki mesin pembakaran yang bisa menghasilkan asap knalpot sehingga menimbulkan polusi udara.

Dengan menggunakan kendaraan listrik artinya anda tidak perlu membeli bahan bakar solar, pertalite ataupun pertamax, melainkan menggunakan tenaga listrik agar kendaraan bisa berjalan.

Saat ini banyak produsen otomotif yang telah menciptakan berbagai produk kendaraan listrik. Dalam beberapa tahun kedepan diprediksi motor atau mobil listrik akan membanjiri pasar otomotif di Indonesia.

  1. Kincir Angin

Mungkin di Indonesia, kincir angin hanya digunakan sebagai mainan ataupun alat untuk pengusir hama di persawahan. Namun, di negara tertentu seperti misalnya Belanda, kincir angin digunakan sebagai energi alternatif untuk menggantikan fosil.

Selain itu, putaran angin yang dihasilkan dari kincir angin pun dapat menghasilkan energi listrik yang tentu saja itu dapat digunakan untuk berbagai keperluan.

  1. Water Purification

Teknologi satu ini berfungsi untuk memurnikan air dari zat zat tertentu dari air-air yang terkontaminasi. Dengan alat sederhana yang terdiri dari bahan seperti kerikil, batu, arang, sabut kelapa atau kain katun anda bisa membuat air kotor menjadi air yang bersih.

Dalam prosesnya nanti air kotor bisa dituangkan kedalam alat kemudian seluruh partikel dan kuman kuman berbahaya akan disaring oleh kerikil, batu, sabut dan arang sehingga menghasilkan air yang bersih dan dapat digunakan untuk berbagai keperluan.

Jika anda mengetahui Informasi teknologi yang lebih tinggi, anda mungkin akan melihat alat canggih yang bisa menyaring air mentah atau air kotor menjadi air yang bisa di minum secara langsung.

 

 

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.