Wed. Feb 8th, 2023

FIFABR

Artikel Kesehatan Olahraga

Cara Mengatasi HP Realme Lemot

3 min read
Oppo Tutorial

Oppo Tutorial bisa anda manfaatkan untuk mengatasi berbagai masalah pada hp Realme, salah satunya adalah mengatasi hp Realme yang sedang lemot. Sementara oppotutorial itu sendiri merupakan sebuah brand yang menyediakan berbagai macam Tutorial Oppo terkait hp Realme. Dan pada kali ini akan dijelaskan mengenai cara untuk mengatasi hp realme lemot, antara lain yakni :

Bagaimana Cara Mengatasi HP Realme Lemot?

 

Bersihkan file cache

Salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi hp Realme lemor adalah bersihkan file cache. File cache sendiri adalah file sementara yang diproduksi oleh aplikasi dan sisitem yang terinstal. Yang mana file ini berfungsi untuk mempercepat akses dalam sebuah aplikasi. Dimana dalam jangka waktu tertentu file cache ini perlu dibersihkan.

Mengapa demikian ? Sebab hal ini dilakukan agar tidak terjadi penumpukan pada memori internal dan agar tetap menjaga ponsel tetap stabil ketika digunakan. Untuk membersihkan file cache tersebut caranya cukup gampang, anda bisa melakukannya melalui aplikasi manajer telepon atau melakukannya secara manual. Nah lakukan cara itu dalam waktu tertentu agar hp anda dapat bekerja secara optimal.

Mulai ulang atau restart HP

Cara berikutnya yang bisa anda lakukan untuk mengatasi hp realme lemot yaitu mulai ulang atau restart hp. Langkah yang sederhana ini sering kali kita anggap remeh dan sepele. Namun cara yang satu ini sangat efektif dan sering berhasil untuk mengatasi hp lemot.

Sebagai pengguna kita sering mengabaikan hal ini, terus membiarkan hp hidup seharian berminggu-minggi hingga berbulan-bulan. Padahal sangat disarankan agar kita mematikan hp secara berkala, setidaknya kita bisa melakukan cara ini secara berkala sedidaknya setiap 1 minggu sekali. Dengan begitu hp kita akan kembali efektif cara bekerjanya.

Hapus aplikasi yang tidak digunakan

Pada dasarnya setiap hp pastinya memiliki aplikasi bawaan dari produknya. Akan tetapi kita sering kali menginstal aplikasi yang tidak penting, yang mana hal tersebut malahan memberatkan memomi internal hp.

Sehingga akhirnya berpengaruh pada sistem dan membuat kinerjanya menjadi lemot. Kita sebagai penggua smartpone yang bijak harusnya bisa memilah mana aplikasi yang penting atau tidak, karena jika tidak begitu hp kita bukan hanya akan lemot tetapi bisa hang dan mati total.

Terlebih lagi lagi kapasitas penyimpanannya sangat kecil pasti akan membuat performanya menjadi menurun. Selain itu, alangkah baiknya jika anda mengahapus dan mencopot aplikasi yang tidak penting yaitu seperti game. Caranya cukup gampang, yakni anda tinggal membuka menu pengaturan pada ponsel anda.

Lalu pilih fitu manager aplikasi dan lihat daftak aplikasi, kemudian temukan dan pilih aplikasi apa saja yang ingin anda hapus. Setelah itu ketuk bongkar untuk menghapusnya dan konfirmasi oke. Maka dengan begitu selesai aplikasi yang tidak poenting itu telah dicopot dan dihapus secara pernaman di hp anda.

Update HP realme Anda

Cara terakhir yang bisa anda lakukan untuk mengatasi relame lemot adalah update hp realme anda. Lemotnya hp anda bisa jadi juga karena perangkat lunak anda belum di update, mungkin hp anda butuh pembaruan sistem androidnya pada realme UI. Maka dengan meng-update smarphone anda dapat membantu mengatasi permasalahnnya yang lemot.

Tidak hanya itu saja anda juga bisa mendapatkan vitur terbaru dari vendor realme. Namun perlu anda perhatikan apabila realme anda dalam versi lama, maka alangkah baiknya anda tetap menggunakan sistem operasi versi lama. Hal itu dilakukan agar tidak memberatkan hardware tidak keberatan ketika menjalankan OS versi terbaru.

 

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.