Mon. Apr 12th, 2021

FIFABR

Artikel Kesehatan Olahraga

Cara Kredit Mobil Bekas Agar Bisa Memindahkannya ke Pihak Lain

3 min read
cara kredit mobil bekas

Hal ini biasa disebut dengan over cicilan jika Anda benar-benar tidak mampu untuk melunasinya. Cara kredit mobil bekas sebenarnya menjadi alternatif paling jitu jika seseorang ingin membeli kendaraan roda empat berharga miring. Sayangnya keuangan pun bisa saja kurang mendukung.

Cara Over Kredit Mobil Bekas Paling Aman

Cara kredit mobil bekas seperti over kredit menjadi satu-satunya cara jika Anda sudah tidak sanggup melunasi cicilan setiap bulannya. Masalah ini dapat diatasi dengan penjualan mobil dari pembeli utama ke pihak kedua sehingga memiliki kewajiban baru untuk membayar kredit sampai masa pelunasan.

Berikut beberapa caranya:

  1.     Memahami Syarat dan Ketentuan Over Kredit Mobil Bekas

Take over kendaraan roda empat tidak dapat dianggap enteng atau bahkan sembarangan. Anda wajib memahami apa saja syarat dan ketentuan sesuai aturan hukum yang berlaku. Proses ini harus dilakukan melalui sepengetahuan dari pihak leasing mobil tersebut agar dinilai sah.

Sayangnya masih banyak orang yang melupakan salah satu ketentuan tersebut karena menganggap lebih mudah dan terlihat mengentengkan. Padahal aktivitas ini dianggap ilegal sehingga tidak sah secara hukum. Tentu saja hal ini bisa saja membawa ke jalur pengadilan apabila terus dilanjutkan.

  1.     Memberi Tahu Leasing atau Bank Terkait

Berkaitan dengan cara sebelumnya, Anda harus memberi tahu pada pihak leasing atau bank sesuai dengan informasi yang ada. Tanpa adanya sepengetahuan mereka, maka proses take over dapat dianggap ilegal dan melanggar hukum. Parahnya kasus seperti ini juga rawan akan adanya penipuan.

Adanya penipuan atau hal-hal buruk lainnya yang disebabkan oleh take over kredit illegal sudah bukan menjadi tanggung jawab dari pihak leasing. Tentu masalah ini sudah beralih tangan ke pembeli pertama sehingga harus bertanggung jawab. Itulah mengapa proses pemindahan akan lebih aman secara legal.

  1.     Proses Take Over Mobil

Anda perlu mengetahui apa saja langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk melakukan proses take over mobil ini. Harapannya adalah agar dijauhkan dari penipuan masalah biaya atau kasus sejenis lainnya. Pertama yakni pembeli utama harus menghubungi pihak leasing atau bank terlebih dahulu.

Pihak penjual harus melakukan analisa terhadap permintaan pembeli pertama ini khususnya mengenai kemampuan finansial dalam melunasi kredit mobil bekas. Mereka yang menilai jika Anda masih mampu untuk membayar cicilan setiap bulannya maka pengajuan take over umumnya akan ditolak.

  1.     Memahami Cara Perhitungan Kredit

Pastikan jika Anda sudah mengetahui bagaimana cara perhitungan kredit ini. Tentu hal ini berpengaruh ketika menghitung banyaknya biaya yang perlu dipindahtangankan ke pembeli kedua. Ada juga kebutuhan sejumlah uang sebagai ganti cicilan dimana biasanya sering dilupakan oleh orang-orang.

Anda harus menghitung dan mengaturnya secara adil agar tidak merugikan pihak leasing atau bahkan pembeli kedua. Sebagai penjual alangkah lebih baik jika menetapkan harga yang sewajarnya sehingga pihak penerima take over juga mampu untuk membayarnya setiap bulan sekalipun dalam waktu lama.

  1.     Memastikan Kredit Tidak Macet

Anda harus memastikan tidak terjadi kredit yang macet sebelum melakukan take over ke pembeli kedua. Nasabah dengan masalah seperti ini umumnya mengalami keterlambatan pembayaran atau bahkan sama sekali belum membayar cicilan.

Permasalahan kredit macet ini nyatanya sangat berbahaya karena hanya akan menghambat proses take over mobil bekas. Tidak hanya itu saja, masalah ini juga bisa merugikan kedua pihak lantaran sudah mengeluarkan biaya untuk administrasi.

  1.     Memastikan Dokumen Sudah Lengkap

Baik sebagai penjual maupun pembeli kedua, Anda wajib memastikan bahwa dokumen sudah lengkap dipersiapkan sebelum melakukan proses take over. Persyaratan ini akan berguna ketika harus berpindah bank atau leasing.

Pastikan jika Anda sudah berkonsultasi dengan pihak leasing ataupun bank untuk mengecek kembali kelengkapan administrasi baik dari penjual maupun pembeli kedua. Lagi-lagi hal ini perlu dilakukan oleh mereka agar menghindarkan aktivitas bersifat ilegal dan melanggar hukum.

Anda bisa saja melakukan take over cicilan kepada pembeli kedua apabila beberapa cara kredit mobil bekas sudah dilakukan namun masih belum sanggup untuk membayarnya setiap bulan. Tentu saja hal ini sangat membebani kondisi finansial sehingga lebih baik dipindahkan ke orang lain saja.

 

 

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.