Wed. Apr 17th, 2024

FIFABR

Artikel Kesehatan Olahraga

Berbagai Kebiasaan Penyebab Mata Katarak yang Jarang Diketahui

2 min read
Katarak

Anda tentu sudah tidak asing dengan katarak. Penyakit ini bahkan sudah umum diderita oleh para lansia. Hal ini tidak lain karena salah satu penyebabnya adalah proses penuaan. Meski begitu, penyakit tersebut juga dapat diderita oleh usia lainnya akibat kebiasaan tertentu.

Apa Saja Kebiasaan Penyebab Katarak?

Ada banyak hal yang dapat menyebabkan seseorang memiliki penglihatan yang kabur. Terlebih penyakit ini dapat diderita baik pada satu mata saja atau bahkan keduanya. Oleh sebab itu, simak beberapa kebiasaan penyebab mata katarak tersebut di bawah ini:

  1. Paparan Sinar Matahari Langsung

Tahukah Anda, bahwa penyakit ini dapat disebabkan akibat paparan sinar matahari (UV) secara langsung. Tentu saja hal tersebut bisa terjadi saat seseorang terkena paparan dalam jangka waktu yang lama. Hal ini dapat menyebabkan adanya oksidasi pada lensa mata.

Untuk menghindarinya, maka usahakan untuk tidak menatap matahari menggunakan mata secara langsung. Terlebih jika hal ini dilakukan selama berulang-ulang tentu saja lensa mata dapat rusak. Tidak heran jika penglihatan menjadi kabur.

  1. Merokok

Adapun kebiasaan lainnya yang memicu penyakit ini adalah merokok. Hal tersebut karena saat seseorang menghirup rokok, maka dapat mengurangi aliran darah ke area mata. Tidak hanya itu, hal tersebut juga dapat meningkatkan penyerapan zat beracun pada mata.

Berbeda dengan orang yang tidak merokok dan memiliki pola hidup sehat tentu saja tidak mudah terkena penyakit ini. Mata mereka bahkan terbilang jauh lebih terjaga kesehatannya. Oleh sebab itu, ada baiknya Anda menghindari kebiasaan buruk ini.

  1. Trauma Fisik

Selanjutnya, trauma fisik juga bisa menjadi penyebab utama lainnya. Terutama saat seseorang terkena cedera di area sekitar mata. Contohnya saja akibat adanya tusukan benda tajam, benturan di area mata, hingga kecelakaan yang parah di bagian mata.

Umumnya, penyakit yang menyebabkan mata buram tersebut akan muncul beberapa minggu setelah cedera. Akan tetapi, bisa juga datang setelah berbulan-bulan hingga bertahun-tahun. Jika kapsul yang melubangi lensa mata rusak, maka bagian dalam lensa akan berubah menjadi keruh sehingga sulit untuk melihat.

Berbagai kebiasaan di atas tentu penting untuk Anda hindari. Hal ini dapat mencegah seseorang terkena penyakit katarak. Selain itu, pastikan juga selalu menerapkan pola hidup sehat. Terapkan pola makan sehat dengan mengonsumsi makanan yang kaya antioksidan tinggi untuk menjaga kesehatan mata.

 

 

 

 

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.