Mon. Sep 28th, 2020

FIFABR

Artikel Kesehatan Olahraga

Begini Penampilan Prabowo Hadiri Munas Partai Golkar, Tak Beri Komentar Apapun saat Tiba di Lokasi

5 min read

Munas X Partai Golkar digelar pada Selasa 3 Desember di Hotel Ritz Carlton, Kuningan, Jakarta. Acara Munas X Partai Golokar juga dihadiri oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Prabowo Subianto tiba di lokasi Munas Golkar pada pukul 18.50 WIB.

Hadir di acara Munas Golkar, Prabowo tampil dengan mengenakan kemeja putih lengan panjang dan peci warna hitam. Tak sendiri, Prabowo Subianto tampak didampingi oleh Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita. Ia pun langsung menuju ruangan VVIP sebelum kemudian ke ballroom acara pembukaan Munas.

Tiba di lokasi Munas Golkar, Prabowo Subianto tak memberikan komentar apapun. Ia terus berjalan bersama Agus Gumiwang. Tidak hanyaPrabowoSubianto, tampak hadir pula sekretaris Jenderal NasDem yang juga Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate.

Sama seperti Prabowo usai dari ruangan VVIP ia langsung menuju lokasi acara Munas yang rencananya akan dibuka Jokowi. Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri acara pembukaan Musyawarah Nasional (Munas) XPartai Golkardi Hotel Ritz Carlton, Jakarta Selatan, Selasa (3/12/2019). Jokowi tampak mengenakan pakaian batik motif kuning saat hadir di lokasi pembukaanMunasGolkar.

Kadatangan Jokowi, terlihat didampingi Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartanto. Turut hadir di belakang Jokowi, Presiden ke 5 RI Megawati Soekarnoputri, mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK), serta Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto. Rombongan Jokowi disambut teriakan "hidup Jokowi, hidup Golkar".

Acara dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Turut hadir dalam acara pembukaan Munas X Golkar yakni Menteri PertahananPrabowoSubianto, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri BUMN Erick Thohir. Hadir pula Ketua Umum PKPI Diaz Hendropriyono, Politisi Senior PAN Bara Hasibuan, Sekjen Partai Demokrat Hinca Panjaitan.

Acara Munas X Partai Golkat rencananya digelar selama 4 hari mulai Selasa (3/12/2019) hingga Jumat (6/12/2019). Agenda Munas X Golkar salah satunya untuk memilih ketua umum Golkar periode 2019 2024. Ketua Komite PemilihanMunasGolkarMaman Abdurahman mengatakan, empat nama bakal calon ketua umumPartai Golkardicoret karena tidak memenuhi syarat.

Keempat nama tersebut, Indra Bambang Utoyo, Aris Mandji, Achmad Annama, dan Derek Laopatty. Hal itu disampaikan Maman Abdurahman jelang pembukaan Nunas Golkar X di Hotel Ritz Carlton, Jakarta Selatan, Selasa (3/12/2019). "Jadi kita ada dua kategori, memenuhi syarat dan tidak memenuhi syarat, yang lima nama yang memenuhi syarat itu yang pertama adalah Pak Airlangga Hartarto, PakBambangSoesatyo(Bamsoet), Pak Ridwan Hisjam, Pak Ali Yahya, dan satu lagi Kang Agun Gunandjar," kata Maman.

"Keempat nama lainnya belum memenuhi syarat yaitu Pak Indra Bambang Utoyo, Pak Achmad Annama, Pak Aris Mandji, satu lagi Derek Laopatty," tambahnya. Maman menjelaskan pencoretan empat nama tersebut. Untuk Indra Bambang Utoyo, Maman mengatakan yang bersangkutan tidak memenuhi salah satu poin pernyataan apabila kalah dalam pemilihan ketua umum.

"Dari empat nama itu variatif ada beberapa permasalahan, ada beberapa prasyarat yang belum terpenuhi, yang pertama terkait Pak Bambang Utoyo memang dalam surat pernyataan yang harus dipenuhi oleh Pak Bambang Utoyo, ada poin kesepuluh terkait tidak mendirikan partai lain apabila kalah, memang Pak Bambang Utoyo memang tidak bersedia dan beliau memberikan beberapa alasan," ungkap Maman. Sementara, Achmad Annama dicoret karena belum masuk kepengurusan Golkar selama beberapa tahun. Sedangkan, Derek Laopatty dicoret karena terhalang oleh prestasi meskipun unggul dalam keaktifan berorganisasi.

"Untuk tiga calon lain ada beberapa Pak Annama karena beliau belum masuk dalam pengurus DPP Golkar selama kurang lebih 5 tahun, Pak Derek Loapatty ada beberapa persyaratan, misalnya prestasi dan sebagainya, namun dari sisi keaktifan beliau di dalam beberapa organisasi kepemudaan dan sebagainya kita harus apresiasi setinggi tingginya bahwa prestasi beliau di beberapa organisasi kepemudaan sangat luar biasa," kata Maman. Sementara itu, Aris Mandji dicoret dari pemilihan karena pernah menjadi caleg dari partai lain. "Terakhir, Pak Aris Mandji berdasarkan beberapa catatan kita beliau pernah caleg dari partai lain," jelasnya.

Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengungkap alasan pengunduran dirinya dari pencalonan ketua umumPartai Golkar. Bamsoet mengaku bila pengunduran dirinya dari pencalonan ketua umumPartai Golkarmerupakan bentuk kepatuhan kader terhadap seniorPartai Golkar. Hal itu disampaikan Bamsoet saat menggelar pertemuan dengan Aburizal Bakrie, Akbar Tanjung, Airlangga Hartarto, dan Luhut Binsar Panjaitan di Kantor Kemenko Maritim, Jakarta, Selasa (3/12/2019).

"Ketika para senior kumpul dan menyampaikan saran, pendapat, kami kami yang muda pasti akan patuh. Itulah cara kami di Partai Golkar menyelesaikan persoalan setajam apapun," ucap Bamsoet. Ketua MPR RI tersebut menyebut, dirinya menghormati saran dan pendapat Aburizal Bakrie sebagai ketua dewan pembinaPartai Golkar, Agum Gumelar sebagai ketua dewan pakarPartai Golkar, Akbar Tanjung sebagai wakil ketua dewan kehormataan, dan Luhut Binsar Panjaitan sebagai tokoh seniorPartai Golkar. Bamsoet menilai, saran dan pendapat para tokoh seniorPartai Golkardimaksudkan untuk menjaga soliditas partai.

"Saya tidak bisa melawan nasihat para senior. pertimbangannya agar Partai Golkar solid dan maju dan ada nomentum nanti malam juga akan menyelenggarakan Munas," katanya. Sebelumnya, Menjelang pembukaan Musyawarah Nasional (Munas) Golkar, Politikus GolkarBambangSoesatyo(Bamsoet) mendadak mengundurkan diri dari pencalonan ketua umum Golkar. Bamsoet mundur usai menggelar pertemuan dengan Airlangga Hartarto, Aburizal Bakrie, dan Luhut Binsar Pandjaitan di Kemenko Maritim, Jakarta, Selasa, (3/12/2019).

"Dengan semangat rekonsiliasi yang kita sepakati bersama demi menjaga soliditas dan keutuhan partai Golkar maka saya pada sore ini menyatakan tidak meneruskan pencalonan sebagai kandidat Ketum partai Golkar periode 2019 2024," ujar Bamsoet usai pertemuan. Ketua MPR tersebut menjelaskan sejumlah alasan mundur dari pencalonan Golkar. Pertama yakni konstelasi politik Munas yang semakin panas. "Kedua situasi nasional yang membutuhkan situasi politik yang kondusif guna menjaga harapan kita dalam menjaga kondisi ekonomi dalam ancaman ekonomi global," katanya

Ketiga, Bamsoet mengaku mundur dari pencalonan setelah mendengar nasihat, pandangan, dan pendapat sejumlah tokoh senior Golkar. Ketua UmumPartai GolkarAirlangga Hartanto mengaku bersyukur atas keputusanBambangSoesatyo(Bamsoet) memutuskan mundur dari pencalonan ketua umum jelangMunasGolkar. Menurut Airlangga, keputusan Bamsoet menunjukan buktiPartai GolkarSolid dan menginginkanMunasGolkarberlangsung damai.

Hal itu disampaikan Airlangga saat menggelar pertemuan dengan Bamsoer dan Luhut di Kantor Kemenko Maritim, Jakarta, Selasa (3/12/2019). "Tentu, pertama marilah kita bersyukur kehadiran Allah SWT, sore hari ini proses sudah panjang dan Alhamdulillah menjelang Munas apa yang menjadi harapan para senior, pak Agung Laksono, pak Akbar Tanjung, pak Luhut dan bahkan sampai seluruh tokoh yang tadi malam kami bertemu dengan seluruh DPD 1 dan PDP II, harapannya ini adalah musyawarah ini adalah Munas yang solid dan Munas yang kokoh. Temanya adalah Golkar satu," ucap Airlangga. Airlangga pun mengatakan, mundurnya Bamsoet maka tidak ada perpecahan di internal Golkar karena dua kekuatan di Munas sudah bersatu.

Selain itu, Menko Perekonomian ini menyebut, sikap Bamsoet sangat penting bagi Golkar yang solid mendukung pemerintahan Presiden Jokowi. "Alhamdulilah, dengan stetment tadi dari bapakBambangSoesatyo, Munas ini mempersatukan kita. Ini adalah Munas itu sesuai pembicaraan saya dgn Pak Bambang itu Munas yang adem dan Munas yg betul betul membuat Golkar itu partai yang bisa menjadi partai mendukung pemerintah," tambahnya. Sebelumnya, Menjelang pembukaan Musyawarah Nasional (Munas) Golkar, Politikus GolkarBambangSoesatyo(Bamsoet) mendadak mengundurkan diri dari pencalonan ketua umum Golkar.

Bamsoet mundur usai menggelar pertemuan dengan Airlangga Hartarto, Aburizal Bakrie, dan Luhut Binsar Pandjaitan di Kemenko Maritim, Jakarta, Selasa, (3/12/2019). "Dengan semangat rekonsiliasi yang kita sepakati bersama demi menjaga soliditas dan keutuhan partai Golkar maka saya pada sore ini menyatakan tidak meneruskan pencalonan sebagai kandidat Ketum partai Golkar periode 2019 2024," ujar Bamsoet usai pertemuan. Ketua MPR tersebut menjelaskan sejumlah alasan mundur dari pencalonan Golkar. Pertama yakni konstelasi politik Munas yang semakin panas.

"Kedua situasi nasional yang membutuhkan situasi politik yang kondusif guna menjaga harapan kita dalam menjaga kondisi ekonomi dalam ancaman ekonomi global," katanya Ketiga, Bamsoet mengaku mundur dari pencalonan setelah mendengar nasihat, pandangan, dan pendapat sejumlah tokoh senior Golkar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.