Tue. Sep 22nd, 2020

FIFABR

Artikel Kesehatan Olahraga

Apa Itu Resesi? Simak Penjelasannya Berikut Ini, Lengkap Beserta 5 Indikator Resesi

2 min read

Wabah virus corona membuat perekonomian beberapa negara dalam kondisi tidak stabil. Jika kondisi seperti ini terus berlangsung, maka bisa menuju resesi ekonomi. Apa itu resesi?

Dilansir , Jumat (27/3/2020), resesi adalah penurunan signifikan dalam kegiatan ekonomi, yang berlangsung lebih dari beberapa bulan. Penurunan tersebut biasanya terindikasi dari lima faktor ekonomi, yakni penurunan produk domestik bruto, pendapatan, pekerjaan, manufaktur hingga penjualan ritel. Dalam siklus bisnis, resesi adalah periode antara puncak dan palung.

Biro Riset Ekonomi Nasional (NBER) merupakan nirlaba swasta yang mengumumkan kapan resesi tersebut dimulai dan kapan resesi berhenti. NBER juga merupakan sumber untuk mengukur tahapan siklus bisnis. NBER menggunakan keterampilan, penilaian, dan keahlian para komisarisnya untuk menentukan apakah negara itu dalam resesi atau tidak.

1. Indikator yang paling penting adalah PDB riil. Ketika tingkat pertumbuhan PDB riil berubah menjadi negatif, ini bisa menandakan resesi. Namun terkadang pertumbuhan akan negatif kemudian berubah positif di kuartal berikutnya.

Sementara itu, Biro Analisis Ekonomi mungkin merevisi estimasi PDB dalam laporan berikutnya. 2. Penghasilan riil mengukur pendapatan pribadi yang disesuaikan inflasi. Sepuluh pembayaran transfer, seperti Jaminan Sosial dan pembayaran kesejahteraan, juga dihapus.

Ketika pendapatan riil menurun, itu mengurangi pembelian dan permintaan konsumen. 3. Kesehatan sektor manufaktur, sebagaimana diukur oleh Laporan Produksi Industri. 4. Penjualan manufaktur dan grosir eceran disesuaikan inflasi.

5. NBER juga melihat estimasi bulanan PDB yang disediakan oleh Penasihat Ekonomi Makro. Adanya resesi itu akan memperburuk keadaan, karena menciptakan banyaknya pengangguran. Saat itulah hal itu mempengaruhi kebanyakan orang.

Ketika tingkat pengangguran meningkat, konsumen bahkan semakin sedikit dan bisnis bisa menjadi bangkrut. Satu satunya hal baik tentang resesi adalah dapat menyembuhkan inflasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.