Mon. Sep 28th, 2020

FIFABR

Artikel Kesehatan Olahraga

Agar Kembali Higienis, Ikuti 6 Cara Tepat Mencuci Masker Kain Ini

3 min read

Sekarang, begitu banyak orang yang jual masker kain. Alasannya tentu saja karena masker kain bisa digunakan berkali-kali, berbeda dengan masker medis yang hanya sekali pakai. Mengingat masker kain bisa digunakan kembali ini, Anda harus tahu cara tepat untuk mencucinya. Ikuti 6 cara berikut ini saat mencuci masker kain, agar tetap bisa efektif melindungi Anda dari paparan virus.

  1. Pisahkan Pencucian Masker dengan Pakaian Lain

Sangat dianjurkan bagi Anda untuk memisahkan masker kain dengan pakaian lainnya saat dicuci, apalagi pakaian yang nodanya banyak. Mengapa harus begini? Alasannya adalah untuk menghindari kemungkinan berpindahnya noda dari pakaian lain ke masker kain tersebut. Pencucian masker kain ini pun lebih direkomendasikan secara manual, dibanding pakai mesin cuci.

  1. Rendam Masker Kain Menggunakan Air Panas

Agar partikel kuman kecil yang sebelumnya melekat di permukaan masker kain bisa hilang, maka gunakanlah air panas untuk merendamnya. Siapkan air dengan suhu 50 hingga 60 derajat Celcius di dalam wadah, lalu tambahkan dengan bubuk deterjen atau cairan penghilang noda. Rendam masker kain dalam wadah tersebut selama lebih kurang 5 menit saja, agar baunya tak jadi apek.

  1. Kucek Masker Kain dengan Lembut dan Perlahan

Setelah masker kain direndam selama lebih kurang 5 menit, Anda bisa mulai untuk menguceknya. Namun ingat untuk tak mengucek masker kain dengan kasar. Pengucekan kain yang terlalu keras dapat membuat serat kain terlepas, sehingga kain jadi rusak dan tak efektif lagi melindungi dari paparan virus dan partikel kecil lainnya. Cukup kucek masker kain dengan lembut dan perlahan.

  1. Bilas Masker Kain dengan Menggunakan Air Bersih Mengalir

Saat membilas masker kain, pastikan Anda menggunakan air yang mengalir. Jika menggunakan air tergenang, kemungkinan sisa deterjen atau busa akan bisa melekat kembali pada masker kain, sehingga kain jadi tak bersih dan berbau apek. Tepuk-tepuk permukaan kain saat membilan agar bisa membuatnya bersih dari busa dan sisa deterjen.

  1. Jemur Masker Kain Hingga Kering

Selanjutnya, jemurlah masker kain yang telah dicuci di tempat yang mendapatkan paparan sinar matahari langsung. Anda bisa menjemurnya saat masih dalam keadaan basah atau pun setengah kering setelah dikeringkan dengan mesin cuci. Sisa mikroorganisme jahat yang menempel di permukaan masker kain ini akan bisa dibunuh oleh paparan sinar matahari.

Walau tetap bisa kering di dalam ruangan, baiknya tetap Anda hindari penjemuran masker kain di dalam ruangan. Alasannya karena tak adanya sumber cahaya, bakal membuat masker jadi lembap. Alih-alih ingin sehat, Anda malah jadi sakit karena masker kain jadi media yang disukai oleh bakteri untuk tumbuh karena kondisinya yang lembap.

  1. Setrika Masker Kain Setelah Mengering

Setelah masker kain mengering, maka Anda bisa langsung mengangkatnya untuk kemudian disetrika. Mengapa harus disetrika? Alasannya adalah untuk membunuh sisa kuman, bakteri, dan virus yang masih menempel di permukaan masker kain dengan suhu panas yang berasal dari setrika. Setelah disetrika, baru Anda bisa mengenakannya.

Sama seperti pakaian yang Anda kenakan, pencucian masker kain pun harus Anda lakukan dengan cara yang tepat. Jangan Anda hanya bisa membelinya di tempat jual masker kain saja, namun tak bisa untuk merawatnya. Dengan mencuci masker kain tersebut sesuai cara yang dianjurkan di atas, maka masker kain tersebut tetap bisa efektif melindungi Anda dari paparan virus, kuman, dan bakteri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.