Sun. Sep 19th, 2021

FIFABR

Artikel Kesehatan Olahraga

7 Klub Terbaik Liga Futsal Indonesia

3 min read
Futsal Indonesia

Sumber: Pixabay.com

Indonesia sebagai salah satu negara yang sangat mengapresiasi berbagai pertandingan olahraga. Salah satunya yaitu futsal Indonesia. Jangan ngaku pecinta futsal, jika Anda belum tahu nama klub terbaik di Indonesia.

Futsal salah satu ajang perlombaan yang cukup banyak diminati, meskipun tidak sebanyak sepakbola. Kompetisi futsal dengan kasta tertinggi di Indonesia, dimulai sejak tahun 2006 silam. Mulanya, kompetisi futsal dinamakan Indonesia Futsal League  (IFL). Kini, dikenal dengan kompetisi profesional Indonesia League (PFL). Setiap kompetisi diikuti berbagai team futsal Indonesia yang memiliki ciri khas masing-masing ketika di arena lapang.

Klub Liga Futsal Indonesia Terbaik

Sedari digelarnya kompetisi futsal Indonesia, melahirkan berbagai pemain futsal Indonesia yang berbakat. Selain itu, mereka pun mengharumkan nama klubnya, sehingga populer di kalangan media. Tidak hanya itu, setiap penghargaan tentunya akan disebarkan melalui berita futsal Indonesia secara intens.

Hingga kini, perlahan bermunculan klub futsal dan ditemukan beberapa klub terbaik yang ada di Indonesia. Setiap klub memiliki logo klub futsal Indonesia yang khas. Di antara klub tersebut, yakni sebagai berikut:

1.   Electric PLN

Untuk futsal mania, nama klub Electric PLN tentunya tidak asing di telinga. Klub ini mulanya memiliki nama Electric PLN Yogyakarta, karena markas utamanya di Yogyakarta. Tim yang tergabung dalam nama klub unik ini, mengharumkan namanya dengan meraih 3 juara di Liga Futsal Indonesia. Gelar juara, diraih sejak tahu 2008, 2009, dan 2013.

Klub futsal yang satu ini lahir sejak tahun 2004. Mulanya, mereka hanya mengikuti berbagai turnamen lokal saja. Namun, mereka pun memutuskan untuk bisa berkompetisi dengan jangkauan yang lebih luas dengan mengikuti IFL tahun 2006, kompetisi futsal pertama di Indonesia.

2.   Vamos Mataram

Selanjutnya, terdapat klub Vamos Mataram yang namanya cukup populer di kalangan pecinta futsal. Klub futsal yang satu ini berhasil meraih gelar juara dalam ajang kompetisi IFL, tepatnya tahun 2017 dan 2018.

Mereka memiliki bintang lapangan Bayu Saptaji  juga pemain lainnya bernama Sunny Rizki. Keduanya tergabung dalam timnas futsal Indonesia. Dengan bakat yang dimiliki setiap pemain, nama klub ini pun berhasil populer dengan segenap penghargaan yang diraih.

3.   Black Steel Manokwari

Salah satu nama tim futsal lucu yaitu klub Black Steel Manokwari. Berasal dari Papua Barat, yang dipenuhi dengan tim berbakat yang siap tampil dengan kekhasannya masing-masing. Pemain bintang klub ini yaitu Ardiansyah Runtuboy.

Setiap pemainnya bermain dengan kemampuan terbaiknya, alhasil kini nama klub ini pun menjadi populer. Untuk Anda pecinta futsal, tentu nama klub tersebut ramah di telinga.

4.   IPC Pelindo II Jakarta

Lalu, klub futsal Indonesia lainnya yaitu IPC Pelindo II Jakarta. Termasuk ke dalam klub terbaik di Indonesia, karena pernah meraih gelar juara sebanyak 3 kali. Gelar juara diraih pada tahun 2011, 2012 juga tahun 2015.

Pada beberapa kompetisi, IPC menggunakan pemain dari negara luar, yaitu Brazil. Fineo dan Neto, keduanya merupakan pemain asing yang tergabung di IPC pada kompetisi.

5.   Harimau Rawa PC

Klub futsal terbaik lainnya yaitu Harimau Rawa PC. Nama klubnya cukup unik, sehingga menarik perhatian pecinta futsal. Klub yang berasal dari Tembilahan, Riau ini tidak kalah berbakat dari klub lainnya. Mereka pun pernah meraih gelar juara dalam AFF Futsal Club yang diselenggarakan pada tahun 2011.

Saat itu, mereka termasuk pendatang baru. Meskipun demikian, bakat dan kemampuannya pun tidak bisa diragukan. Berbagai pemain veteran bisa Anda temukan, seperti halnya Ali Haedar, Vennard Hutabarat, Socrates Matulessy, juga jaelani Ladjanibi.

6.   Futsal Kota Bandung

Selain klub di atas, terdapat Futsal Kota Bandung yang merupakan salah satu klub futsal terbaik. Tim mereka pernah meraih gelar runner-up sebanyak dua kali, tepatnya pada tahun 2012 dan 2013. Selanjutnya, di tahun 2018, mereka bekerja sama dengan DLS FC, suatu klub yang berasal dari Banyumas. Kerja sama tersebut dijalin dengan tujuan melakukan kompetisi dalam liga futsal Indonesia.

7.   Biangbola FC

Klub terbaik lainnya yang dimiliki Indonesia yaitu Biangbola FC. Tim ini berhasil meraih gelar juara pertama dalam kompetisi Indonesia Futsal League, yang secara perdana digelar tahun 2006-2007. Namun, memasuki tahun 2008-2009, klub ini harus lapang dada menerima kekalahan dari Electric PLN. Meskipun begitu, mereka berhasil meraih gelar runner-up.

Dalam berbagai pertandingan tahunan, nama-nama klub di atas muncul sebagai juara. Mulai dari klub Electric PLN Jakarta, Harimau rawa, IPC Pelindo II Jakarta, Black Steel Manokwari, dan Vamos Mataram. Kompetisi Pro Futsal League 2020 sempat tertunda karena adanya pandemi  Covid-19. Berbagai nama klub lainnya bisa Anda temukan dalam kompetisi yaitu SKN FC Kebumen, Cosmo FC, Bintang Timur Surabaya, dan sebagainya.

Nah, itulah beberapa klub terbaik futsal Indonesia. Setiap klub memiliki bakat dan kemampuan yang harus terasah dengan baik. Hal ini sebagai salah satu langkah untuk bisa mengharumkan nama Indonesia, melalui ajang kompetisi liga futsal lokal, nasional hingga Internasional.

 

REFERENSI:

https://ilmupedia.co.id/articles/klub-futsal-indonesia-terbaik/full

https://www.skor.id/bola-nasional/sk-01367121/mengenal-para-juara-liga-futsal-indonesia-tiga-tim-kantongi-tiga-trofi

https://bolalob.com/read/137905/inilah-3-klub-tersukses-di-liga-futsal-indonesia

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.